Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Merawat Baterai Handphone Android

tips rawat baterai smartphone agar awet

Bagaimanakah cara supaya battery ponsel tahan lama? Siapakah yang setiap berkunjung atau ada pada sebuah lokasi yang dicari pertama kalinya ialah tempat charge smartphone, semua tentu alami bagaimana reaksi saat battery smartphone habis, pasti cemas dan repot untuk charge. 

Langkah supaya battery HP tahan lama penting jadi perhatian oleh pemakai handphone karena nyaris setiap saat Sahabat Pandai tidak terlepas dari piranti ini. Dimulai dari masalah tugas, terhubung sosmed, YouTube-an, bermain games, sampai berbicara dengan kekasih atau keluarga. Berikut 10 langkah supaya battery HP tahan lama.

Memakai Pengisi daya Asli ( Cas Ory )

Langkah supaya battery HP tahan lama seharusnya tiap Pengisi daya yang dipakai ialah pengisi daya orisinal, karena pengisi daya orisinal telah direncanakan sesuai kemampuan daya HP yang dipakai. Pengisi daya yang tidak sesuai dengan akan mengakibatkan HP Sahabat Pandai akan cepat hancur jika energinya terlampau besar atau terlalu kecil.

Isi Battery 30% - 80%

Isi daya pada HP sama sesuai keperluan, isi daya janganlah sampai 100 % agar battery handphone bisa tahan lama. 
Battery lithium ion (Li-on) kemampuannya dapat turun jika memperoleh tegangan yang tinggi. 

Susunan Lithium battery terus mendapatkan arus listrik, akan memacu battery jadi tidak konstan. Dianjurkan isi daya handphone di antara 30% - 80% % supaya voltase masih tetap rendah hingga battery handphone semakin lebih tahan lama.


Menghindar Battery sampai habis 0%

Hal yang penting jadi perhatian kembali ialah charging battery saat 0% dapat membuat daya battery cepat hancur. Penyebabnya tegangan bisa menjadi semakin hingga battery jadi ketekan. 

Battery handphone dapat bekerja baik dari kemampuan 30%-80% . Maka dapat isi battery saat pada keadaan di bawah 30% dan optimal 80% agar tegangan tidak tinggi.

Hapus Aplikasi yang tidak dipakai

Program pada HP terkadang dapat terinstal sendiri secara automatis dan terkadang Sahabat Pandai tidak sadar telah menginstal, seharusnya dengan teratur tiap minggu atau tiap bulan memeriksa program yang terinstal dan program yang jarang-jarang dipakai agar tidak memberatkan pemakaian battery. 

Apa lagi Sahabat Pandai kerap lupa menonaktifkan program yang Sahabat Pandai pakai dan biarkan terbuka. Jika memang perlu program bawaaan yang tak pernah digunakan di non-aktifkan.

Atur Power saving mode

Pada program android sediakan penghemat ketahanan battery dengan memakai feature power saving model. Model ini akan menolong handphone batasi peresapan energy baterai, dimulai dari kecemerlangan monitor, wifi, jaringan mobile, sampai lokasi. Dengan memakai power saving karena itu battery bisa ditata secara baik.

Mematikan feature smart stay dan Pakai latar belakang Gelap

Feature smart Stay ini jarang-jarang dijumpai oleh beberapa pemakai ponsel android secara umum, feature ini mempernyerap battery secara cepat, karena monitor handphone terus berpijar hingga kuras battery HP dikit demi sedikit.
Seharusnya memakai model latar belakang gelap untuk jaga agar panel AMOLED pada monitor.

Memakai live wallpaper, Feature Motion and Gestures

Untuk mengirit battery HP dapat atur cara-cara dengan memakai feature yang membuat proses akses lebih singkat dan cepat dengan menghindar livewallpaper, feature motions and gestures, Karena feature - feature ini akan mempernyerap battery semakin banyak.

Memang memberi performa yang memikat tetapi akan membuat battery ponsel Sahabat Pandai tidak tahan lama. beberapa feature- feature animasi lain seharusnya dikurangkan atau mungkin tidak dipakai karena membuat battery cepat habis.


Menghindari Program yang Otomatis

Seperti seperti auto brightness, wakelocks, Wifi Connection, internet, Data Push, Location, dan model automatis yang lain.
Ini membuat semua program dan sarana langsung tersambung ialah hal yang membuat sederhana dan ringkas, karena segalanya serba automatis, demikian HP di hidupkan atau di aktifkan karena itu semua sarana langsung tersambung secara bertepatan.

Hal ini benar-benar ringkas dan membuat Sahabat Pandai nyaman tetapi akan membuat battery dan HP Sahabat Pandai bekerja dengan benar-benar berat karena sekali berpijar dan sekali dipakai semua aktif. Perihal ini pula yang hendak kerap membuat HP Sahabat Pandai batterynya cepat akan panas, dan pada akhirnya akan cepat hancur.


Fitur auto brightness kuras banyak battery HP

walaupun mempermudah Sahabat Pandai untuk menyaksikan monitor dengan nyaman di beberapa lingkungan. 
Penampilan monitor yang terlalu jelas memang menjadi satu diantara pemicu battery HP cepat habis yang tidak diakui karena makin jelas monitor, tentu saja makin besar daya battery yang dipakai. 
Langkah supaya baterai health tidak turun mencolok tentu saja dengan atur kecemerlangan monitor manual.

Clear Cache

Clear Cache ialah proses bersihkan proses akses yang telah Sahabat Pandai kerjakan yang tidak begitu berguna dan dapat di membersihkan.

Clear Cache dapat dilaksanakan kapan pun dalam menu management file dan membersihkan file yang tidak berguna bahkan juga banyak photo, document, yang double dapat dibikin bersih dengan clear cache, dengan bersihkan secara periodik akan menolong memaksimalkan performa battery dan menjaga battery dapat tahan lama dan awet.

hp xiaomi anda batrenya tidak awet ? baca 7 panduan khusus Cara Membuat Baterai Hp Xiaomi Anda Menjadi Super Irit

Mengupdate Aplikasi handphone/OS

Semua smartphone memberi sarana untuk mengupdate mekanisme handphone/OS dan program secara periodik dan seharusnya ini dilaksanakan untuk memaksimalkan HP agar bekerja dengan optimal.

Kadang ini cukup menyusahkan tetapi akan memberi faedah pada performa smartphone Sahabat Pandai dan HP akan terurus secara baik, karena umumnya software dari android terupdate dan bekerja lebih maksimal dibanding software yang lama.

Hal kerap dilaksanakan oleh pemakai HP ialah melewati proses penyempurnaan program, dan ini akan berpengaruh handphone tidak maksimal.


Jauhi Aplikasi yang tak perlu

Langkah jaga battery ponsel supaya tahan lama yang ke-5 yaitu dengan menghindar penempatan program yang tak perlu.

Penyimpanan handphone kita kemungkinan memang lumayan besar untuk memuat banyak program. 

Tetapi, simpan program yang tak perlu di ponsel Anda cuman akan membuat pemakaian CPU dan daya yang semakin banyak.


Turunkan tingkat kecerahan Layar

Dari tiap program atau proses yang lain berjalan pada handphone Anda, monitor lebih memengaruhi periode gunakan battery. 
Oleh karenanya, untuk perpanjang periode gunakan battery di ponsel Anda, turunkan tingkat kecemerlangan di mayoritas keadaan.

Anda dapat aktifkan Adaptif Brightness pada handphone untuk menolong Anda sesuaikan kecemerlangan monitor berdasar jumlah sinar di lingkungan Anda. Ini menolong mengirit periode gunakan battery dan mengirit penekanan karena sesuaikan dengan manual selama waktu.

Tidak boleh isi daya handphone sepanjang malam

Sesudah mainkan handphone pada malam hari, umumnya seorang akan isi daya untuk pastikan jika esok pagi battery telah berisi penuh. Sebetulnya ini benar-benar tidak bagus untuk kesehatan battery handphone Anda. Pasalnya malah akan memunculkan daya yang masuk ke battery jadi over. Beberapa battery sudah disampaikan jadi lebam bahkan juga meletus sesudah pengisian yang terlalu berlebih dalam waktu lama.

Walau beberapa merk handphone sudah mengeklaim jika, pengisian daya terlalu berlebih bukan permasalahan yang besar dan tetap aman untuk battery handphone mereka. Tetapi, untuk menghindar beberapa hal yang lain tidak diharapkan, seharusnya hal itu dijauhi.


Pakai Airplane Model

Jarak handphone ke BTS operator yang kamu pakai mempengaruhi usia battery. Makin jauh dari BTS, makin handphone berusaha keras untuk cari signal.
Karena itu, saat ada di wilayah yang tidak terkena oleh jaringan mobile dari operator yang kamu pakai, seharusnya mengatur handphone kamu ke Airplane Model.
Maksudnya supaya daya battery kamu tidak kebuang percuma. Istirahat sesaat dari internet tidak akan buat kamu balik jadi manusia purba, kok!

Begitulah tips dari droidkunyuk.com tentang artikel 15 Cara Mudah Merawat Baterai Hadhphone Supaya Awet jika ada pertanyaan bisa tinggalkan komentar dibawah




Posting Komentar untuk "15 Cara Merawat Baterai Handphone Android"